Friday, November 12, 2010

5 Langkah Mudah Upgrade OS BlackBerry (tutorial dengan gambar)

Handheld BlackBerry Anda mulai hang, jam pasir, atau error? mungkin ini saatnya handheld BlackBerry anda di  upgrade OS nya. Tapi tidak perlu susah-susah datang ke toko. Anda hanya perlu melakukan step-step dibawah lewat pc anda, dan anda pun bisa meng-upgrade BlackBerry anda sendiri.

Untuk meng-uprade atau men-downgrade OS anda harus menyiapkan:
- OS terbaru
- Desktop Manager
- Jl Commander
- tentu saja -> kabel data, handheld yang mau diupgrade/downgrade, dan pc/laptopnya.

Siap?



WARNING: Do this at your own risk. I am not responsible for any problems that may occur as a result of following this guide.

PERINGATAN: Lakukan ini atas resiko anda sendiri. Saya tidak bertanggungjawab atas problem yang mungkin akan timbul setelah anda melakukan langkah-langkah yang akan saya pandu kemudian.

Jangan merasa terintimidasi dengan peringatan diatas, kemungkinan error nya kecil sekali, asal anda melakukan step-step dibawah dengan benar. Tapi bagaimanapun, peringatan diatas tetap perlu saya tulis, agar para newbies mengerti resikonya masing-masing :-) . Yang paling penting adalah, buat backup data anda!

Sebelum dimulai, pastikan anda memimiliki BlackBerry Desktop Manager (DM) ter-install di pc anda. Kalau belum silahkan download terlebih dahulu

BlackBerry Desktop Software – download di web resmi BlackBerry.com

BlackBerry Desktop Software - Download DM pada link lokal disini

Setelah anda mendownload dan meng-installnya. Maka kita pun bisa memulai proses upgrade.
PENTING: sekali lagi saya ingatkan, lakukan dulu proses backup data anda, karena proses upgrade akan menghapus seluruh data di BlackBerry anda seperti baru.

Langkah 1




* Cari versi OS BlackBerry anda sekarang. Seperti contoh diatas adalah OS BlackBerry 8900 v. 4.6.1.168
* Caranya yaitu pilih Options – About di handheld anda
* Anda harus tahu versi OS anda saat ini untuk mengetahui apakah anda akan upgrade atau downgrade. Tutorial ini adalah untuk meng-upgrade, tetapi langkahnya sama jika ingin men-downgrade.

Langkah 2



* Anda bisa mendapatkan OS terbaru di situs resmi operator anda, atau pun di situs lainnya. Tidak masalah misalnya anda ingin meng-upgrade OS yang merupakan keluaran dari operator lain.
* Untuk kumpulan OS ada di link lokal seperti disini
* Jika Anda memutuskan untuk memakai OS keluaran operator lain atau OS tidak resmi (leaked OS), anda harus menghapus file vendor .xml. Kita akan membahasnya lebih lanjut nanti.
Note: OS BlackBerry haruslah sama dengan handheldnya. Misal jika Anda ingin meng-upgrade BlackBerry 8900 Anda, maka Anda harus mencari OS 8900, bukan OS yang diperuntukkan untuk 9000 misalnya.


* Download dan install OS BlackBerry anda ke pc. Lalu ikuti prosesnya sampai selesai






Langkah 3


* Buka File Explorer di PC/Notebook Anda lalu pergi ke folder C:\Program Files\CommonFiles\Research In Motion\AppLoader.
*
Cari file vendor.xml dan hapus file tersebut.


PENTING: sekali lagi saya ingatkan, lakukan dulu proses backup data anda, karena proses upgrade akan menghapus seluruh data di BlackBerry anda seperti baru.

Langkah 4


* Langkah  berikutnya, kita akan mem-wipe handheld dengan JL Commander, tujuan wipe ini adalah, supaya semua data di handheld kita benar-benar bersih. Tapi ada juga yang beranggapan, tidak perlu di wipe langsung ditimpa oleh OS baru saja tidak apa-apa. Tergantung pilihan. Kalau saya selalu membiasakan untuk meng-wipe dulu handheld saya sebelum diupgrade, agar tidak terjadi konflik dengan OS baru nanti (perasaan aja sih hehehe).

Silahkan download JL Commander disini

Jika ingin langsung meng-upgrade tanpa meng-wipe, silahkan langsung ke langkah 5
Penting!
* Setiap kali melakukan proses upgrade, backup atau restore, biasakan selalu set profile di General dan set Radio (GSM) di off. Pastikan battery terisi setidaknya 80% agar proses upgrade tidak berhenti ditengah jalan. Jangan lupa selalu ubah ke default theme.


Langkah 5


* Jalankan JL Commander Anda  yang sudah ter-install di pc Anda, dengan posisi handheld anda sudah terconnected ke pc.


* Bila handheld yang digunakan tidak dilock menggunakan password, pilih N pada screen berikut.



* Pilih option 4 – Wipe pada menu utama JL Commander dan ketik “Y” untuk melanjuti proses wipe dan ketik blackberry untuk memulai proses wipe.




* Tunggu hingga handset restart dan muncul Error 507 – Reload Software dengan latar putih. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit hingga layar BlackBerry menampilkan error 507 tersebut, jangan panik dan jangan cabut kabel USB.




Langkah 5


* Jalankan Desktop Manager. Saat ini DM tidak akan men-detect PIN Anda. Ini adalah normal



* Pilih Application Loader dan pilih Add/Remove Applications. Click OK bila muncul pertanyaan “Select device to connect”




* Tunggu hingga DM selesai mendeteksi handheld Anda beserta software didalamnya, lalu pilih Operating system dan aplikasi yang dibutukan.




Note: sebaiknya pada proses ini, koneksi internet dimatikan dulu, agar Desktop Manager tidak otomatis men-detect versi OS yang ada internet, melainkan men-detect versi OS yang sudah diinstall di pc.




* Kemudian klik Next untuk memulai proses instalasi. Tunggu hingga selesai. Proses ini bisa memakan  15 menit - 30 menit.



* Tunggu hingga handheld restart dengan sendirinya dan tunggu hingga DM memunculkan pesan “The loading operation was successful”. Proses restart untuk pertama kali setelah upgrade membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya.



* Setelah selesai, restore kembali data Anda. Restart/reboot handheld anda sekali lagi untuk merefresh registry, lalu nyalakan kembali network GSM anda untuk  mulai menerima email dan menggunakan BlackBerry Anda.


* Pastikan Anda sudah meng-upgrade dengan  benar, caranya lihat di Options-About. Apakah OS Anda sudah naik ke versi yang  lebih tinggi/ turun ke versi yang lebih rendah dari sebelumnya.



dirangkum dari berbagai sumber:
boss Ardi dari milis idbb, blackberryrocks.com, dan pengalaman pribadi.

1 comments:

  1. [...] v.46 - OS/Firmware yang mau dipakai (disarankan pakailah OS resmi yang terbukti stabil), lalu install di pc mu. Jangan lupa delete file vendor .xml di Program Files ? Common Files ? Research in Motion [...]

    ReplyDelete