Monday, November 15, 2010

9 Hal Yang Perlu Anda Katakan Pada Dokter Anda


Memeriksakan diri ke dokter biasanya dilakukan kalau orang merasa sakit, jarang sekali orang yang memeriksakan diri ke dokter pada saat mereka merasa sehat, misalnya untuk General Check Up.

Tapi sebelum ke dokter, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda katakan kepada dokter Anda. Berikut ke-9 hal tersebut:


1. Riwayat kesehatan Anda (misalnya: Anda pengidap diabetes, hipertensi atau pernah operasi pengangkatan ginjal)
2. Obat-obatan apa yang Anda minum saat ini, catatlah obat-obatan (baik herbal, vitamin, obat dari dokter sebelumnya, atau obat yang dijual bebas) yang sedang Anda konsumsi atau bila perlu bawalah saat Anda berobat ke dokter.
3. Jujurlah jika Anda sedang menggunakan obat-obatan terlarang atau psikotropika
4. Jujurlah tentang kebiasaan Anda (misal: merokok, mengkonsumsi alkohol, suka bergadang)
5. Buatlah riyawat penyakit orang-orang terdekat Anda dalam silsilah keluarga (seperti riwayat serangan jantung pada ayah Anda, saudara kandung Anda menderita asma, om yang menderita diabetes, dll)
6. Beritahu dokter perihal diet Anda, informasikan apakah Anda vegetarian atau vegan, juga jika Anda sangat benci sayuran.
7. Riwayat alergi, apakah Anda memiliki alergi makanan, obat-obatan?
8. Jangan lupa, ceritakan keluhan Anda dengan jelas, apa yang membuat Anda datang ke dokter, dan tanyakanlah dokter Anda, apa diagnosis beliau mengenai keluhan Anda tersebut. Kalau perlu dalam bahasa medis, agar Anda bisa browsing di internet dengan  keyword tersebut.
9. Persiapkanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan, tulislah di sebuah kertas sebelum melakukan kunjungan ke dotker, Anda pasti tidak menginginkan waktu konsultasi yang cukup singkat setelah menunggu antrian cukup lama, dan meninggalkan ruang praktek dokter dengan pertanyaan-pertanyaan yang masih mengganjal di benak Anda.

















sumber: Buletin Sehat YOP

1 comments:

  1. [...] Berikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai riwayat kesehatan Anda termasuk riwayat alergi obat dan apapun yang Anda konsumsi, seperti [...]

    ReplyDelete