Sunday, January 15, 2012

Tips Membangun Percaya Diri Anak

Rasa percaya diri bukanlah sifat bawaan sejak lahir,tetapi terbentuk dari proses di lingkungannya sejak usia dini. Pengalaman yang diperoleh anak dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya ini yang kemudian terekam dalam pikiran dan emosi anak yang mempengaruhi perilakunya. Contoh kata-kata yang bisa menumbuhkan percaya dirinya, "Wah...ternyata anak bunda hebat ya bisa makan sendiri. Sekarang coba dihabiskan ya makanannya".merupakan respon positif untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.



Beberapa tips membangun percaya diri anak:

1. Jangan pelit memberi penghargaan ke anak, tidak selalu dengan memberikan hadiah yang mahal, bisa juga dengan memberikan perhatian, pujian, belaian dan kata-kata sayang yang dapat menumbuhkan percaya dirinya.

2. Jadilah pendengar yang baik. Berikan respons yang positif agar anak bersemangat untuk bercerita. Selain mengajarkan anak mengeluarkan pikirannya juga memberikan kedekatan emosional dengan anak.

3. Bersikaplah positif  dan hargai anak di depan orang-orang lain tentang apa yang bisa dilakukan anak. Dengan demikian, anak akan yakin kalau orang tuanya benar-benar mempercayai kemampuannya.

4. Lepaskan perasaan khawatir yang berlebihan dengan membiarkan anak melakukan aktivitasnya tanpa banyak larangan, namun jelaskan resikonya.

5. Jangan membandingkan anak dengan anak yang lain, karena setiap anak sudah diciptakan dengan kelebihannya masing-masing, disamping itu juga membuat anak menjadi tidak nyaman.

6. Hargai minat anak. Berikan komentar yang positif dan mendukung anak, dan mungkin saja dari hobi dan minatnya akan menjadi penghasilan bagi si anak.

7. Ajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab. misalnya mengambil dan meletakkan sepatunya, membereskan mainannya sendiri,atau mengenakan dan membuka kancing baju

8. Beri kesempatan agar anak memperoleh pengalaman dan tantangan baru, yang bisa menambah minat dan ketrampilan anak. Jangan hanya melihat dari hasil akhirnya saja, tetapi anak juga perlu belajar dari kesalahan yang dibuatnya.

Referensi:

- id.shvoong.com

- parenting.co.id

- parenting series

0 comments:

Post a Comment