Thursday, July 5, 2012

Internet Banking Bisa Transfer Antar Bank Secara Online Seperti Di ATM

Kalau selama ini di Internet Banking tidak bisa transfer online antar bank, harus lewat proses LLG (Kliring) atau RTGS, yang tidak real-time, maka sekarang di beberapa Internet Banking bank tertentu, transfer antar bank bisa secara online alias real-time seperti layaknya di ATM.

Saya beranggapan layanan ini BARU. Kenapa? karena saya sebagai pengguna Internet Banking "sejati" dari bank BCA, BNI, Mandiri, dan Bukopin, belum pernah menemukan fasilitas di i-banking mereka bisa transfer online, atau mungkin juga saya nggak ngeh? Entah deh, buat saya, sepanjang saya bisa mengingat, dan selalu menggunakan layanan I-Banking, layanan ini baru hehe, mungkin sudah 1-2 bulan yang lalu.





Nah, beberapa waktu yang lalu saya menggunakan fasilitas Internet Banking dari bank BII, ketika saya coba, ternyata ada fasilitas Transfer Online di menunya!  Dan bisa transfer online ke semua bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, dan ATM BCA/Prima. Wah betapa senangnya saya, apalagi selama ini saya memang memanfaatkan ATM BII untuk lintas transfer antar BCA, Mandiri dan BNI. Tapi sejak BCA dan Mandiri sudah saling bisa transfer alias nggak "musuhan" lagi ATM nya, saya tetap menggunakan BII untuk transfer antar BCA dan BNI, karena BCA dan BNI masih "musuhan" hehe

BII mengumumkan di situsnya bahwa itu merupakan komitmen mereka untuk menjadi the-most-connected-transaction bank, nggak  berlebihan sepertinya, walau bukan yang satu-satunya. Karena layanan Internet Banking CIMB Clicks dari CIMB Niaga, juga bisa melakukan transfer online ke bank yang tergabung di jaringan ATM Bersama dan ATM BCA/Prima.

Jadi setelah saya pelajari, ini ya rangkumannya:

1. Internet Banking dari Bank BCA, dikenal dengan KlikBCA

  • sementara belum ada menu transfer online ke antar bank lain

  • hanya ada pilihan LLG/SKN (Kliring), transfer sampai 1-2 hari kerja, dengan biaya 5000, dan pilihan RTGS, dilayani pada saat jam kerja, transfer masuk beberapa jam kemudian, jika mentransfer diluar jam kerja maka akan masuk keesokan harinya, biayanya 20.000

2. Internet Banking Mandiri



  • ada pilihan Transfer Online, melayani transfer ke bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, biaya 5000. Gak bisa transfer BCA, kecuali via ATM atau SMS Banking

  • jika mau transfer BCA, ada pilihan LLG/SKN (Kliring), transfer sampai 1-2 hari kerja, dengan biaya 5000, dan pilihan RTGS, dilayani pada saat jam kerja, transfer masuk beberapa jam kemudian, jika mentransfer diluar jam kerja maka akan masuk keesokan harinya, biayanya 15.000

3. Internet Banking BNI 46



  • ada pilihan Transfer Online, melayani transfer ke bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, biaya 5000

  • sama dengan I-banking mandiri, belum bisa transfer BCA. Dan untuk pilihan SKN/Kliring dikenakan biaya 5000, dan RTGS biayanya 17.500

4. Internet Banking bank BII



  • ada pilihan menu Transfer Online, dan bisa melayani transfer ke bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama juga ATM BCA/Prima. Jadi bisa banget transfer ke BCA, Mandiri, Danamon, BRI, BNI 46, Permata, Bukopin, dan hampir semua bank lokal maupun bank asing.

  • untuk pilihan SKN (Kliring), transfer sampai 1-2 hari kerja, dengan biaya 5000, dan pilihan RTGS, dilayani pada saat jam kerja, transfer masuk beberapa jam kemudian, jika mentransfer diluar jam kerja maka akan masuk keesokan harinya, biayanya 25.000

5. Internet Banking bank CIMB NIAGA, dikenal dengan CIMB Clicks

  • seperti I-banking BII, di Cimb Clicks ada pilihan menu Transfer Online, dan bisa melayani transfer ke bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama juga ATM BCA/Prima. Jadi bisa banget transfer ke BCA, Mandiri, Danamon, BRI, BNI 46, Permata, Bukopin, dan hampir semua bank lokal maupun bank asing.

  • untuk pilihan SKN (Kliring), transfer sampai 1-2 hari kerja, dengan biaya 5000, dan pilihan RTGS, dilayani pada saat jam kerja, transfer masuk beberapa jam kemudian, jika mentransfer diluar jam kerja maka akan masuk keesokan harinya, biayanya berkisar antara 15.000 - 25.000

6. Internet Banking bank Bukopin

  • sementara hanya melayani pemindahbukuan, atau transfer antar rekening di Bukopin.

bagaimana dengan Internet Banking dari bank-bank lain? sabar yaa...soalnya saya belum punya, nanti  kalau sudah punya mungkin bisa saya updated disini lagi yaa...

Kalau dulu, jika saya ingin transfer antar BCA-Mandiri, atau BNI-BCA, saya pasti akan mencari anjungan ATM yang lumayan lengkap, yang ada ATM-ATM BNI, BCA, Mandiri, dan ATM bank satelit seperti ATM BII, ATM Bukopin, atau ATM BRI nya. Jadi misalnya saya mau transfer dari rekening BCA ke rekening BNI, berarti saya harus transfer dulu dari ATM BCA ke ATM bank satelit yang saya punya (BRI/BII/Bukopin), dari situ, saya transfer ke rekening BNI. Jadi kena biaya 2x 5000.

Sebenarnya transfer antar bank bisa dilakukan melalui SMS Banking, tapi untuk SMS-banking maaf saya nggak punya, ohya ada sih...dari BII dan Bukopin, tapi juaraaangg sekali saya gunakan. Selain lebih nyaman pake i-banking di laptop/pc/smartphone/tablet saya, jadi nggak usah pake biaya pulsa tambahan lagi dari SMS Banking-nya. heheh maklum saya emak-emak jadi biaya pulsa pun diperhitungkan :)

Nah, dengan layanan Transfer Online di Internet Banking, sangat memudahkan saya sebagai pebisnis dan ibu-ibu rempong yang sering harus transfer-transfer dan bayar-bayar tagihan.
Sedikit tips dari saya, kalau bayar tagihan via Internet Banking, biasakan untuk menyimpan buktinya, biasanya ada kok menu "Simpan" atau langsung saja Save Page-As dan simpan ke folder khusus. Jadi nggak perlu lagi print-print buktinya, kecuali memang diminta oleh instansi yang bersangkutan jika ada suatu masalah.

Nah, kita secara nggak langsung jadi ikut mendukung program Go Green and Save The Forest yaa karena nggak terlalu banyak pakai kertas printer ;-)

Semoga bermanfaat!!

2 comments: